Semua materi pembelajaran dalam kurikulum PS-BSing disusun berdasarkan tujuan kurikuler yang ditetapkan; yakni, terciptanya kompetensi lulusan. Dalam penyusunannya harus terintegrasi dan keterkaitan antara satu mata kuliah dengan lainnya termasuk disiplin ilmu lainnya.

Dalam proses pembelajaran, metode dan strategi mengajar yang digunakan oleh dosen, adalah metode yang student-centered atau berfokus pada mahasiswa. Metode tersebut dapat berbentuk ceramah, diskusi, group work, problem solving, presentation dan e-learning. Media ceramah, diskusi dan e-learning difungsikan untuk mencapai pemahaman ilmiah kontekstual, problem solving difungsikan untuk mencapai kemampuan berfikir analitis-sintesis, presentation yang merupakan paparan hasil pemikiran mahasiswa secara orisinal difungsikan untuk menumbuhkan kreativitas dan /atau pemikiran inovatif. Group work difungsikan untuk melatih mahasiswa untuk bisa bekerjasama dalam tim.

Metode dan strategi mengajar tersebut secara substantif telah sesuai dengan misi dan tujuan mengajar yang ditetapkan Program Studi  Bahasa dan Sastra Inggris. Melalui sosialisasi misi dan tujuan dalam rapat-rapat dosen dan pendistribusian Buku Pedoman, semua dosen telah memahami misi dan tujuan mengajar yang ditetapkan.

Saat tatap muka di dalam kelas, realisasi dari pendekatan pengajaran tersebut bervariasi dari satu dosen dengan dosen yang lain, hal ini tergantung dari pokok bahasan dan mata kuliah yang diampu oleh dosen. Sementara itu, monitoring kegiatan dosen dalam kelas tidak dilakukan secara langsung tetapi melalui mahasiswa yang memberikan responsi atas kuesioner tampilan dosen yang dilaksanakan setiap akhir perkuliahan