Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) adalah gerbang awal bagi suatu lembaga pendidikan untuk memproses serangkaian kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa. Dalam pelaksanaannya, Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris mengikuti prosedur baku yang sudah ditetapkan oleh institusi. Adapun serangkaian proses penerimaan mahasiswa baru ini adalah sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa mendapatkan informasi tentang profil Program Studi Bahasa dan sastra Inggris melalui media elektronik, media massa, spanduk, pamflet, website (http://bi.binadarma.ac.id), atau bisa juga datang langsung ke sekretariat pendaftaran yang berlokasi di Kampus Utama Universitas Bina Darma.
  2. Calon mahasiswa mendaftarkan diri untuk mengikuti saringan atau tes masuk ke salah satu program studi sesuai pilihan.
  3. Calon mahasiswa mengikuti serangkaian materi tes yang terdiri dari tes pengetahuan dan kemampuan dasar, Pengetahuan umum IPA, Bahasa Inggris, serta Tes Potensial Akademik (TPA).
  4. Calon mahasiswa menerima surat tanda kelulusan.

Calon mahasiswa memenuhi beberapa persyaratan administrasi untuk menjadi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris.