Kurikulum yang disusun dan dirancang Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Bina Darma adalah kurikulum berbasis kompetensi (competency based curriculum). Dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi ini, lulusan PS-BSIng diharapkan :

  1. Menjadi profesional dan terampil dalam empat aspek keterampilan Bahasa Inggris (listening, speaking, reading, and writing)
  2. Memiliki pemahaman keilmuan tentang bahasa dan sastra.
  3. Memiliki wawasan dalam pemanfaatan teknologi informasi di Bidang Bahasa dan Sastra Inggris
  4. Mampu memanfaatkan ilmu secara maksimal dalam bidang yang ditekuni.
  5. Mampu beradaptasi dan mengaktualisasikan diri secara positif dalam kehidupan bermasyarakat.
  6. Memiliki integritas yang baik dan berjiwa wirausaha.

Kurikulum disusun dan ditinjau secara berkala dengan memperhatikan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan keilmuan.

Kurikulum yang ditawarkan dirancang untuk dapat menyiapkan lulusan yang dapat diserap pasar kerja dan diterima dalam masyarakat dengan memberikan bekal kompetensi dan kemampuan softskill yang memungkinkan mahasiswa untuk mandiri.

Program Studi Sistem Informasi ditempuh dalam waktu 4 tahun efektif, yang terbagi atas 8 semester. Beban studi setara dengan 144 sks terdiri dari 132 sks Mata Kuliah Wajib termasuk didalamnya Seminar Proposal, Seminar Hasil, dan Skripsi), dan minimal 12 sks Mata Kuliah Pilihan.

Sistem perkuliahan yang diselenggarakan oleh PSSI adalah perkuliahan tatap muka sebanyak 16 kali pertemuan dengan termasuk didalamnya tugas mandiri, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester dan 2 kali pertemuan melalui e-learning. Mata kuliah skripsi dilaksanakan pada semester ke-8 diawali dengan kegiatan Seminar Proposal (2 sks), kemudian dilanjutkan dengan Ujian Komprehensif (6 sks). Masing-masing mahasiswa diberikan 2 orang dosen pembimbing yang mendampingi mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penyelesaian skripsi.